Jumat, 09 Oktober 2015

APA ITU BISNIS DAN MENGAPA KITA HARUS MEMPELAJARI BISNIS?

NPM : 23215382
KELAS : 1EB13
U N I V E R S I T A S       G U N A D A R M A

KATA PENGANTAR
Syukur alhamdullilah penulis panjatkan atas  kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini guna memenuhi dan melengkapi tugas pengantar bisnis yang bermuatan soft skilldalam jurusan akuntansi.  Untuk memenuhinya, penulis memilih tema “Apa itu bisnis dan mengapa kita harus mempelajarinya?” Dalam proses penulisan makalah ini penulis banyak menemui kesulitan dalam menjabarkan materi dan keterbatasan kemampuan yang dimiliki, namun penulis menyadari banyaknya kekurangan dalam menyajikannya. Oleh karena itu, penulis sangat menghargai bantuan dari segala pihak yang telah memberi bantuan baik berupa dukungan semangat dari orang tua, buku-buku, serta bermacam-macam bahan penulisan sehingga makalah ini dapat terwujud.Maka dari itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada Ibu Fitria yang telah memberi bimbingan berupa materi, orang tua, dan juga teman-teman yang telah memberi saran, sehingga penuls dapat menyelesaikannya. Demi kesempurnaan makalah ini, penulis mengharapkan saran dan kritik dari teman-teman.Dengan demikian, penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca mengenai bisnis dalam kehidupan kita.




DAFTAR ISI
Halaman Judul........................................................................................     i
Kata Pengantar.......................................................................................    ii
Daftar isi.................................................................................................    ii
BAB I
Pendahuluan
1.1.Latar belakang masalah..........................................................1
     1.2.Rumusan masalah    .............................................................. 1-2
    1.3.Tujuan penulisan...................................................................... 2
BAB II
Teori
  2.1.Pengertian bisnis................................................................................4-5
2.2 Jenis – Jenis Bisnis…………………………………………………………5
2.3 Tujuan Kebijakan Bisnis………………………………………………….6-7
2.4 Mengapa harus belajar bisnis?...............................................................8
BAB III Pembahasan
3.1. Bisnis sewa kostdi sekitar kita...............................................................9
BAB IV Penutup
4.1. Kesimpulan….....................................................................................10
4.2. Saran dan Kritik.............................................................................10-11
4.3 Referensi….........................................................................................11


BAB I

PENDAHULUAN

1.1        Latar Belakang
         Dalam sistem perekonomian, Bisnis sangat menunjang untuk memajukan sistem perekonomian itu sendiri. Bisnis memainkan sentral dalam hidup kita karena sebagian besar dari kita berhubungan dengan bisnis. Sebagai suatu usaha yang sangat berpengaruh pada sistem perekonomian, bisnis berkembang dengan sendirinya dengan berbagai jenis dan cara untuk mengembangkannya, banyak yang harus diperhatikan dalam berbagai aspek untuk berbisnis.
Dalam bisnis juga sangat perlu pengembangan kreasi dan inovasi untuk mengembangkannya. Banyak orang yang takut untuk memulai berbisnis dan lebih memilih untuk bekerja di sebuah perusahaan. Tidak mudah memang mengembangkan softskill berbisnis pada setiap individu. Akan tetapi ada baiknya kita mempelajari cara untuk berbisnis.
Di Negara Indonesia ini kita sangat jauh lebih baik menciptakan lapangan pekerjaan dengan  memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia di Negara kita sendiri ini yang masih termasuk Negara berkembang.







1.2        Rumusan Masalah
        Pemulis ingin memberikan informasi atau membahas mengenai :
1.      Apa  yang dimaksud dengan bisnis ?
2.      Apa saja jenis jenis bisnis ?
3.      Apa itu tujuan kebjakan bisnis ?
4.      Mengapa harus belajar bisnis ?

1.3        Tujuan
       Adapun dari penulisan makalah ini yaitu khususnya untuk memenuhi tugas pengantar bisnis, umumnya untuk memberikan pengetahuan tentang bisnis dan mengajak setiap individu yang ingin berbisnis agar berbisnis dengan baik dan benar.




BAB II

TEORI

2.1 Pengertian Bisnis
      Bisnis merupakan organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Secara Etimologi, bisnis adalah keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Secara luas, bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang ( organisasi) yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan keuntungan yang maksimum melalui transakasi. Secara Etimologi, bisnis adalah keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Secara luas, bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang ( organisasi) yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan keuntungan yang maksimum melalui transakasi. Ada beberapa definisi bisnis dari beberapa tokoh diantaranya :
a.    Menurut Brown dan Petrello : “ Business is an institution which produces goods and services demanded by people”, yang berarti bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat sambil memperoleh laba. ( 1976)
b.   Menurut Steinford : “ Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people”,yang berarti bisnis sebagai aktivitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. (1979)
c.   Menurut Griffin dan Ebert : “ Business is an organization that provides goods or services in order toearn provit”, yang berarti bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang dan jasa dan bertujuan untuk menghasilkan profit ( laba). (1996)
d.    Menurut Hughes dan Kapoor : “ Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a provit, the goods and services that satisfy societies needs. The general term business refer to all such efforts within a society or within an industry”, yang berarti bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industry
.e.   Menurut Allan Afuah : Bisnis adalah sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara menggembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen. (2004)
f.     Menurut Glos, Steade dan Lowry: Bisnis merupakan jumlah seluruh kegiatan yan diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.
g.     Menurut Musselman dan Jackson: Bisnis merupakan suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat dan perusahaan diorganisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.



2.2  Jenis Bisnis

1.      Production (Produksi) merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengolah suatu bahan atau sumber-sumber yang ada agar tercipta suatu produk yang mempunyai nilai guna yang lebih tinggi (menaikan faedahnya).
2.      Distribution (Distribusi) adalah suatu proses penyampaian barang atau jasa dari produsen ke konsumen dan para pemakai, sewaktu dan dimana barang atau jasa tersebut diperlukan.
3.      Consumtion (Konsumen) adalah setiap orang pemakai barang dan jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

2.3  Tujuan Kebijakan Bisnis
Tujuan Kebijakan Bisnis Tujuan kebijakan bisnis ada 4, yaitu :
1.      Melindugi usaha kecil dan menengahKebijakan bisnis di buat untuk melindungi usaha kecil dan menengah, karena mayoritas bisnis di Negara Kita ini di dominasi oleh usaha-usaha menengah ke atas. Kebijakan ini berguna untuk mencegah usaha kecil tersingkir dan tidak mempunyai lahan atau wilayah berusaha. Padahal justru usaha kecil ini yang perlu dikembangkan sehingga bisa menjadi lebih besar dan mempunyai daya saing.
2.      Melindungi lingkungan hidup sekitarnya. Melakukan bisnis atau usaha di Negara Kita ini memilik aturan, dan itu diharuskan. Aturan tersebut antara lain adalah tujuannya untuk tidak merusak atau memberi dampak negatif kepada lingkungan hidup sekitar wilayah tempat usaha tersebut. Tidak dibanarkan jika membuang limbah ke tempat yang di manfaatkan oleh penduduk sekitar, seperti sungai. Dengan adanya kebijakan ini, maka para pebisnis juga akan meminimalisaiskan dampak negatif yang nantinya akan berimbas kepada penduduk dan lingkungan hidup sekitarnya.
3.      Melindungi konsumenBisnis yang baik adalah usaha bisnis yang mementingkan pelayanan kepada konsumen. Konsumen adalah raja yang perlu dilindungi. Konsumen jangan sampai dirugikan atau dikecewakan oleh karena mengkonsumsi barang atau jasa yang diproduksi dari para pebisnis tersebut. Segala yang diberikan kepada konsumen haruslah yang terbaik dan pelayanannyapun harus prima. Jikakonsumen merasa dilindungi dan mendapatkan yang terbaik dari para pebisnis tersebut, konsumen tidak segan-segan bekerja sama kembali.
4.      Pendapatan PemerintahBanyaknya bisnis yang beroperasi di Negara Kita ini tentunya juga memberikan keuntungan bagi Negara Kita juga. Bisnis yang beroperasi memiliki kewajiban untuk membayar pajak kepada pemerintah. Inilah yang sering Kita sebut dengan devisa. Semakin banyak untung/laba yang diperoleh suatu usaha bisnis, semakin besar pula Ia harus membayar pajak Negara demikian sebaliknya. Devisa yang diperoleh tersebut digunakan lagi oleh pemerintah untuk melakuka pembangunan di tiap-tiap wilayah di Negara Kita ini. Namun, sering teerjadi penyelewengan terhadap uang yang seharusnya menjadi hak rakyat ini (korupsi)


2.4              Mengapa harus belajar bisnis?
       Para ahli setuju bahwa bisnis akan memainkan peran penting pada Negara Negara yang baru mengembangkan perekonomiannya seperti Rusia dan Vietnam. Kontribusi bisnis ini dapat diukur melalui dampaknya terhadap aspek-aspek kunci suatu sistem ekonomi. Berikut mengapa kita harus belajar bisnis.
a.       Agar bisa memberi sumbangan wirausaha pada PDB (Produk Domestik Bruto)
Bisnis kecil maupun besar memberikan sumbangan yang besar terhadap perekonomian Indonesia. Dari data statistic, kita bisa melihat bahwa sumbangan pertumbuhan PDB UKM meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Bisnis kecil dan menengah juga memberikan sumbangan bagi Ekspor Indonesia. Meskipun jumlahnya masih lebih kecil dibanding bisnis besar, bisnis kecil dan menengah mempunyai peranan yang penting krena nilainya yang cukup tinggi.
b.      Menambah berbagai Inovasi.
Sejarah membuktikan bahwa bisnis sangat memberakan kontribusi dalam terciptanya berbagai inovasi. Beberapa inovasi yang lahir dari karya pembisnis diantaranya computer digital, mesin fotokopi, insulin, resleting, helicopter, ballpoint, Radio FM, foto berwarna, hingga rocket.
c.       Untuk memulai bisnis kecil, karna sangat berpengaruh terhadap bisnis besar.
Memulai bisnis kecil sangat penting karena berpengaruh juga terhadap bisnis besar dan sangat memungkinkan untuk menjadi bisnis besar. Perusahaan besar menyerahkan tugas pengemasan, pengiriman, dan pendistribusian produknya terhadap bisnis kecil lainnya. Seperti perusahaan besar seperti Body Shop misalnya, membutuhkan bahan baku untuk kosmetiknya dari negara negara berkembang diseluruh dunia.


BAB III
ANALISIS
3.1  Bisnis Sewa Kost
     Bisnis kost kostan di sekitar kita. Bisnis ini selalu ada di lingkungan kota kota besar terutama di tempat adanya universitas universitas dan perusahaan perusahaan. Ada dua faktor mengapa orang membuka sewa kost kostan ,yaitu :
a.   Karena terbatas dan mahalnya membeli rumah , dan
b.   Waktu sementara untuk tinggal, karena waktu yang sementara untuk tinggal di tempat tersebut maka individu pendatang lebih memilih menyewa kosta kostan.
.Karena dua faktor diataslah, banyak orang yang membuka bisnis kost kostan sebagai solusi kita dalam membutuhkan tempat tinggal sementara yang terjangkau.
Ada juga beberapa faktor yang mempengaruhi usaha kost kostan, diantaranya:
d.      Mulai adanya appartement dengan sewa harga yang tidak terlalu mahal,
e.        Penyediaan asrama di kampus kampus,
f.        Penyediaan appartement atau rumah iventaris oleh beberapa perusahaan. 
Faktor ini dapat membuat penyewa kost kostan berkurang, namun faktor ini tidak membuat usaha kost kostan patah semangat mereka tetap memberikan yang terbaik bagi pelangganya dengan menyediakan kantin kecil didalamnya, lalu dengan memberikan fasilitas free wifi. Hal ini membuat si pelanggan menjadi betah dan memperpanjang sewa kost kostannya dengan harga yang terbilang terjangkau untuk ukuran mahasiswa maupun pelajar lainnya.  Omset dalam menjalankan usaha kost kostan tersebut cukup besar bisa jutaan hingga puluhan juta tentunya.  Dalam mengelolah bisnis ini, modal awal yang dibutuhkan bisa  mencapai ratusan juta tergantung dari berapa  banyak kamar yang kita perlukan dan disesuaikan dengan lahan yang ada. Namun, kini usaha kost kostan tidak hanya menyediakan kamar saja tetapi juga menyediakan pelayanan laundry, free wifi, travel, dan minimarket. Hal ini memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan sesuatu pekerjaan dengan cepat.  Ada juga kelemahan dari membuka usaha ini, misalnya jika terjadi kerusakan bangunan dan beberapa kerusakan fasilitas yang disediakan. Ada dampak negatif jika kost kostan tidak menerapkan aturan yang ketat maka akan menjadi tempat yang dimanfaatkan untuk berbuat maksiat.
 

BAB IV
PENUTUP
4.1  Kesimpulan
          Bisnis  adalah  suatu kegiatan atau organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Dari analisis diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa menjalankan suatu bisnis itu tidak mudah kita harus memahami apa saja komponen-komponen yang ada di dalam bisnis dan mengetahui apa saja inovasi yang harus dikembangkan. Sehingga, kita  tidak mengalami kerugian atau gulung  tikar dari usaha yang kita jalankan.

4.2.   Saran dan Kritik
            Adapun saran yang penulis berikan kepada pembaca, diantaranya :
1.  Para pembaca dapat memahami apa itu bisnis
2.  Bagi pembaca, sebaiknya mengetahui dengan benar peluang  yang dimiliki dan kemampuan yang dimiliki.
3.  Untuk generasi yang akan dating mulailah menciptakan lapangan pekerjaan jangan hanya mempunyai cita - cita menjadi pekerja/karyawan.
4.  Dalam melakukan atau menjalankan bisnis alangkah lebih baiknya selalu menggali informasi yang lebih tentang menjalankan bisnis yang benar.
Dengan adanya pembahasan mengenai bisnis dalam makalah ini, penulis berharap kepada pembaca dapat memberikan penulis kritikan yang positif demi penyempurnaan makalah ini.

4.3 REFERENSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar